Tentang

"Kata" dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Sansekerta "katha". Kata adalah suatu unit terkecil dari bahasa yang mengandung arti. Berbeda dengan huruf yang memiliki bunyi namun tidak memiliki arti, kata memiliki makna. Sesuai dengan misi kami untuk menumbuhkan minat baca anak, kami menamakan diri agar sejak tahap awal anak belajar membaca kata yang memiliki arti dalam kehidupan nyata.

hadir karena keprihatinan kami akan beberapa kecenderungan yang sering terjadi akhir2 ini.

  • 1. Anak yang cepat bisa membaca, namun tidak memahami apa yang dibaca

    Betapa bangga orang tua saat anak pada usia 4 atau 5 tahun telah lancar membaca. Tapi apakah anak benar-benar memahami apa yang di baca?

    Membaca bukan sekedar mengeja, melafalkan atau membunyikan huruf-huruf namun memahami makna pada tulisan dan bacaan. Orang tua seringkali merasa lega setelah anak dapat lancar membaca dan tidak menyadari atau memahami kesulitan anak dalam memahami bacaan.

    Rendahnya pemahaman akan bacaan justru seringkali menjadi hambatan bagi para siswa pada masa awal mereka belajar di Sekolah Dasar. Kemampuan memahami bacaan sangat berperan dalam membantu anak mempelajari berbagai hal di sekolah.
  • 2. Anak bisa membaca namun tidak suka membaca

    Sekalipun saat ini semakin banyak anak dapat membaca di usia 4 atau 5 tahun, hal ini tidak banding lurus dengan minat baca mereka yang cenderung rendah. Ada banyak faktor terkait dengan rendahnya minat baca anak Indonesia. Salah satu faktor adalah adalah karena anak mengalami masa awal belajar membaca dan membaca yang kurang menyenangkan. Pendekatan dan pemahaman bahwa tulisan memiliki arti diberikan dengan cara "drilling" yang tidak menarik.

    meyakini bahwa setiap kata yang di baca anak sejak awal haruslah dimahami makna dan konteksnya dengan metode yang menyenangkan dan sesuai bagi tahapan usia anak.

    Dua maskot adalah Kaka, seorang anak laki-laki yang aktif, suka bermain bola serta Tata, seorang anak perempuan yang ceria, suka bersepeda. Sekalipun mereka adalah yang sangat aktif bermain dan berpetualang namun mereka juga sangat gemar membaca.