Tips untuk Orang Tua

  • 1. Mengenal vokal a, e, i, o, u

    Bagaimana anak Anda mengenal vokal "a, e, i, o, u"? Kami memakai metode "Gambar dan Nyanyikan" yang sangat menyenangkan.
  • 2. Membedakan huruf b dan d

    Anak sering kali sulit membedakan huruf "b" dan "d". Seringkali "dodi" dibaca sebagai "bobi" ataupun sebaliknya. Orang tua ataupun guru di sekolah seringkali membantu dengan menggambarkan "b" sebagai orang dengan perut di belakang sedangkan "d" sebagai orang dengan perut di depan. Tapi cara yang masih abstrak ini seringkali belum banyak membantu.

    memberikan cara yang lebih mudah bagi anak. Kami mengatakan: "Anak hebat tidak bingung huruf b dan d!" , sambil mengacunkan dua jempol kami. Minta anak mengulang dan melakukan hal yang sama. Ajak anak untuk memperhatikan dua jempolnya. Anda melihat dua tangan yang mengacungkan jempol menyerupai huruf "b" dan "d". Tangan kiri menyerupai huruf "b" dan tangan kanan menyerupai huruf "d".
  • 3. Gambar, tulis dan ceritakan (mind mapping)

    Kegiatan menulis akan lebih menyenangkan apabila disertai dengan menggambar dan bercerita. Mulailah dengan hal-hal yang sering dijumpai anak Anda sebagai topik, seperti misalnya rumah atau sekolah. Minta anak Anda menggambar dan menuliskan benda-benda atau tempat-tempat di sekitar rumah, misalnya kolam ikan di halaman rumah, toko di dekat rumah, dll. Setelah selesai, ajaklah anak Anda untuk menceritakan kembali apa yang sudah mereka gambar dan tulis. Hal ini selain menyenangkan juga sangat membantu untuk berlatih mengembangkan kreatifitas.